Diklat Sertifikasi Kas Kecil

Pengeluaran yang dilakukan oleh pihak perusahaan maupun perorangan dengan jumlah pengeluaran yang tidak besar, akan tidak efektif apabila dilakukan dengan via cek. Pengeluaran yang dilakukan via cek biasanya adalah pengeluaran dengan jumlah yang besar dengan tujuan untuk keamanan maupun keringkasan (keefisienan). Oleh karenanya perusahaan biasanya mengeluarkan dana dengan jumlah yang sedikit dengan suatu bentuk dana khusus yang disebut dana kas kecil (Petty Cash Fund). Dalam laporan keuangan, kas kecil (petty cash) sering dijumpai dimana kas kecil tersebut biasanya dipergunakan untuk mendanai transaksi kecil dan rutin. Petty cash tentunya juga memiliki peranan penting di dalam kegiatan operasional. Petty cash pada umumnya digunakan untuk kegiatan operasional suatu perusahaan dari mulai sampai  berakhirnya kegiatan operasional perusahaan. Oleh karenanya penangan petty cash perlu dilakukan dengan baik dan efisien oleh perusahaan agar pengelolaan kas kecil dapat diolah secara seksama (tidak perlu setiap harinya) atau dapat dikatakan bahwa petty cash tersebut dapat diolah dengan bentuk suatu ringkasan di akhir bulan atau jangka waktu yang yang telah ditentukan oleh perusahaan agar tidak mengganggu jalannya operasional suatu perusahaan.

Diklat ini bertujuan untuk memberikan pengertian mengenai dasar-dasar pengelolaan kas dalam perusahaan, mampu berperan sebagai pengendali dalam perencanaan dan pengendalian petty cash, mampu merancang pembukuan serta menata keuangan perusahaan.

Manfaat Diklat ini untuk mendapatkan seorang pengelola kas kecil yang profesional dalam menjalankan tugasnya sesuai aturan yang berlaku.

Diklat Sertifikasi ini dilaksanakan selama 3  hari yaitu pelatihan selama 2 hari dan uji kompetensi selama 1 hari dari Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen Keuangan.

Pelatihan dilaksanakan dengan metode ceramah dan pemahaman konsep, studi kasus, dan simulasi kasus.

Uji Sertifikasi menggunakan metode uji tulis, uji praktek, dan uji wawancara.